ARTI LAMBANGSMA DARUSSALAM

bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Arti Lambang SMA Darussalam

  1. Bintang Berjumlah Sembilan

Bintang adalah sebuah simbol sesuatu yang mulia dan terhormat, Mengapa? Karena letak bintang yang tinggi dan dapat dilihat oleh siapapun.Begitu juga dengan kesembilan bintang yang ada dalam atribut SMA Darussalam adalah sembilan insan mulia yang dikenal seluruh orang bahkan dijadikan panutan dan junjungan sepanjang zaman.

Bintang terbesar berada ditengah dan diposisi teratas, hal itu melambangkan junjungan kita sang uswatun hasanah Nabi Muhamad SAW. Dilambangkan demikian karena perannya dalam mengemban risalah Allah SWT. yang sangat besar. Jiwa dan raganya dicurahkan untuk menegakkan risalah tersebut yakni agama islam yang hingga saat ini kita percayai.

Empat bintang disebelah kanannya melambangkan empat sahabat rasulullah, yakni Abu Bakar Asshiddiq, Umar bin Khotob, Usman bin Affan, dan Ali bin Abi Tholib. Merekalah yang dalam hidupnya selalu membantu perjuangan nabi Muhammad SAW. dalam menegakan agama Allah SWT.

Sedangkan empat bintang di sebelah kirinya melambangkan empat (4) imam mazhab yang menjadi panutan umat islam seluruh dunia. Yakni imam Syafi’I, Maliki, Hanafi, dan Hambali.

Dengan menjadikan 9 orang mulia tersebut sebagai pandangan dan panutan, tentu SMA Darussalam tidak akan tersesat, dan selalu akan menjadapat petunjuk dari Allah SWT.

  1. Pena Putih Dengan Sayap Kanan Kiri

Pena biasa diartikan sebagai orang yang menuntut ilmu atau dapat diartikan dengan proses mencari ilmu itu sendiri. Hal tersebut dikarenakan dekatnya sebuah pena dengan pencari ilmu. Bahkan terdapat sebuah maqolah yang mengatakan, “Bukan seorang tholib (pencari ilmu) yang mendapat faedah ilmu bila disakunya tidak terdapat pena dan kertas”.

Dua sayap melambangkan sesuatu yang ada kaitannya dengan luas kebebasan. Karena dengan ini, seekor burung mampu untuk terbang menjelajahi seantero jagat raya. Sehingga burung tersebut bisa tahu tentang isi dunia ini. Dengan kata lain bila burung dapat terbang, tentu ia bisa mempelajari alam ini.

Warna putih ini identik dengan kebersihan, kesucian, kemurnian. Bila warna putih dikaitkan dengan pembahasan ini maka menjadi sebuah ilmu yang suci.

Jadi bila pena dan warna putih sertadua sayapdigabung, maka menimbulkan makna “Mencari segala macam ilmu dari manapun itu berasal dengan bebas”. Tetapi tentunya tetap dengan batasan yaitu ilmu putih yang dapat digunakan untuk mencapai kemaslahatan umat. Batasan ini dilambangkan dengan pena yang putih, bersih tanpa noda sedikitpun.

  1. Buku Yang Terbuka

Buku adalah sebuah sumber ilmu setiap orang yang ingin membacanya pasti akan mendapatkan sebuah pengetahuan, bahkan lebih dari pada yang ia ketahui sebelumnya. Di sini digambarkan sebuah buku yang terbuka atau bisa dikatakan si Buku mempersilahkan setiap orang yang melihatnya untuk membacanya dirinya. Selain itu bila buku terbuka, sedikit banyak orang yang lewat pasti akan membacanya walaupun hanya satu kalimat itu pun tanpa sengaja. Berbeda dengan buku tertutup yang mewajibkan untuk membacanya.

Dari uraian di atas, perlambangan buku terbuka pada atribut SMA Darussalam dapat diartikan bahwa SMA Darussalam merupakan salah satu unit pendidikan, tempat mencari ilmu yang berusaha menumbuhkan kesadaran umat untuk belajardan secara transparan mau menerima jiwa-jiwa yang kehausan akan ilmu pengetahuan dari golongan dan lapisan manapun tanpa membeda-bedakan suku, ras, dan kebangsaan mereka.

  1. Spanduk SMA Darussalam Yang Mengelebat Pena

Di atas tadi telah dijelaskan bahwa pena putih dengan dua sayap berarti mencari dan mempelajari ilmu apapun yang dapat digunakan untuk kemaslahatan umat. Seperti halnya sebuah kontes, pemenang pasti akan membawa nama baik daerah asalnya. Nama daerah tentu akan terbentang di pundak kehormatannya.

Begitu pula dengan spanduk SMA Darussalam yang mengelebat pena.Spanduk itu akan menjadi sebuah tanda bagi keberhasilan anak didiknya. Bila anak didik berhasil tentu SMA Darussalam tidak akan terlupakan jadi maksudnya spanduk itu merupakan simbol kehormatan nama SMA Darussalam.

  1. Warna Dasar Biru Laut

Warna biru laut adalah simbol ketenangan. Tanpa ketenangan kegiatan belajar mengajar tidak akan terlaksana secara optimal, karena suasana sangat berpengaruh dalam kegiatan belajar mengajar. Nah, oleh sebab itulah SMA Darussalam menggunakan warna biru laut sebagai dasar lambang sekolah, untuk menunjukan bahwa di SMA Darussalam penuh dengan ketenangan sehingga proses balajar mengajar dapat terlaksana denganbaik.

  1. Atribut Berbentuk Segi Lima

Lima (5) adalah jumlah dasar agama yaitu membaca dua kalimat syahadat, sholat, puasa, zakat, dan haji. SMA Darussalam yang lahir dari yayasan islam tentunya juga berdasar islam pula, karena hal inilah atribut SMA Darussalam berbentuk segi lima.

Contact us
Blokagung,Tegalsari, Banyuwangi,
+2342 5446 67
office@smadarussalam.sch.id
Newsletter